13 Inspirasi Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai dan Biaya

Penulis :
Tayang sejak : 18 Jan 2023
Bagikan : 6.168 x

13 Inspirasi Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai dan Biaya

13 Inspirasi Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai dan Biaya


Memiliki kos-kosan adalah salah satu bisnis yang dianggap cukup menjanjikan. Nah, bagi Anda yang tertarik memulai bisnis kos-kosan, menentukan desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biaya bangunannya mungkin akan sedikit membingungkan. pasalnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan baik dari segi estetika maupun efesiensinya. 

Dalam artikel ini, Prospeku akan merangkum beberapa model rumah kost minimalis 2 lantai lengkap hingga perkiraan biaya bangunan. Yuk simak! 

13 Inspirasi desain rumah kost minimalis 2 lantai 

Selain lokasi yang strategi, perencanaan model rumah kost minimalis 2 lantai juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan agar bisa unggul dari banyaknya bisnis kost lainnya. 

Berikut  13 desain rumah kost minimalis 2 lantai dapat Anda jadikan inspirasi. 

Desain rumah kost minimalis 2 lantai dengan pekarangan

Model rumah kost minimalis 2 lantai yang pertama yaitu dilengkapi pekarangan di sekitarnya, baik di depan atau belakang bangunan. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara bisa terasa lebih segar dan sehat, terutama jika bangunan kost berada di wilayah panas atau cenderung gersang.  

Desain rumah kost 2 lantai minimalis balok 



Membangun model rumah kost minimalis 2 lantai bisa Anda coba dengan meneraapkan konsep bangunan balok, dimana bagian atas bangunan datar. Desain ini akan terlihat seperti beberapa paviliun yang dibangun berhimpitan. 

Guna menambah keamanan, Anda juga bisa membangun pagar tinggi agar menghindari risiko kejadian yang tidak diinginkan dari orang-orang kurang bertanggung jawab. 

Model rumah kost minimalis 2 lantai di lahan sempit memanjang 

Mungkin Anda pernah berpikir, bisakah membangun model rumah kost minimalis 2 lantai di lahan sempit? Jawabannya tentu saja bisa! Jika lahan Anda sisi panjangnya lebih besarc dari pada sisi lebarnya, Anda bisa membangun indekos memanjang satu arah. 

Model rumah kost minimalis 2 lantai di lahan sempit letter U 


Apabila tadi membangun indekos di lahan sempit memanjang, lalu bagaimana jika lahan Anda mempunyai selisih panjang dan lebar tidak begitu besar? Jawabannya, Anda dapat membuat konsep desain rumah kost minimalis 2 lantai berbentuk letter U dan saling berhadapan. 

Nantinya, jika masih ada sisa ruang di tengah bangunan 

Apabila tadi membangun indekos di lahan sempit memanjang, lalu bagaimana jika lahan Anda mempunyai selisih panjang dan lebar tidak begitu besar? Jawabannya, Anda dapat membuat konsep desain rumah kost minimalis 2 lantai berbentuk letter U dan saling berhadapan.

Nantinya, jika masih ada sisa ruang di tengah bangunan bisa Anda jadikan sebagai ruang jalan, parkiran, atau ruang bersama. 

Desain rumah kost minimalis 2 lantai berisi 10 kamar

Anda mempunyai lahan sekitar 200 meter? Kalau iya, maka Anda bisa membangun model rumah kost 2 lantai berisikan 10 kamar. Nantinya, setiap kamar akan berukuran sekitar 3 x 3 meter. 

Meskipun terlihat kecil , namun kamar tersebut masih bisa memuat beberapa perabotan utama, seperti kasur, lemari, kipas angin, meja belajar, dan sebagiannya. Model kost seperti ini biasanya menjadi pilihan favorit para mahasiswa.   

Desain rumah kost 2 lantai mewah 


Inspirasi desain rumah kost minimalis 2 lantai selanjutnya adalah berkonsep mewah. hal ini akan sangat cocok apabila lokasi lahan milik Anda berada di tengah perkotaan atau dekat daerah perkantoran. 

Dengan memainkan arsitektur bagian depan bangunan yangg elegan dan unik, Anda bisa membuat konsep mewah namun tetap minimalis supaya terlihat lebih menarik di mata calon pelanggan. 

Desain rumah kost 2 lantai sederhana

Apabila fokus Anda adalah menyediakan berbagai fasilitas bagus untuk model rumah kost 2 minimalis lantai, maka Anda bisa menggunakan desin yang sederhana. 

Model rumah kost 2 lantai sederhana 



Rumah kost di daerah sekitar kota, perkantoran, masupun kampus semakin banyak peminatya dan termasuk yang paling dicari saat ini. Maka dari itu, akan menjadi daya tarik sendiri jika Anda menerapkan desain rumah kost minimalis 2 lantai modern. 

Anda bisa menggunakan warna cat dinding yang modern serta tidak terlalu mencolok seperti perepaduan warna krem, coklat, atau abu-abu. Selain, itu Anda juga dapat menambahkan jendela besar agar terlihat luas dan indah.   

Model rumah kost 2 lantai berisi 20 kamar 

Lahan yang Anda punya untuk bisnis rumah kost cukup luas? Kalau begitu, Anda bisa meniru desain rumah kost minimalis 2 lantai dengan total 20 kamar ini. 

Apabila Anda juga mengedepankan fasilitas lengkapnya, maka Anda dapat memaksimalkan penataan 9 kamar kost di masing-masing lantai, lalu dilengkapi dengan ruang tamu dan dapur bersama di 1 dan 2. sehingga, totalnya pas ada 20 kamar.  

Desain rumah kost 2 lantai modern tengah kota 




Selain desain modern tadi, Anda juga bisa menerapkan desain rumah kost minimalis 2 lantai modern satu ini jika lokasi lahan ada di perkotaan. Selain memadukan warna-warna modern, Anda dapat menggunakan aksen kayu dan tangga besi berwarna hitam sehingga terlihat lebih kekinian. 

Apabila tida ada cukup lahan untuk membuat taman atau perkarangan, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda masih bisa menciptakan konsep kos sehat

dengan memanfaatkan tanaman rambat seperti model rumah kos yang satu ini

Model rumah kost minimalis 2 lantai bentuk L 


Konsep kos sehat selanjutnya bisa Anda terapkan dengan desain rumah kost berbentuk L ini. Mirip seperti rumah kecil berjejeran namun dipisahkan oleh sekat dan dilengkapi sederet tanaman hias di depannya. 

Desain rumah kost 2 lantai dengan balkon  

Terakhir ada model rumah kost 2 lantai dengan dilengkapi balkon. Hal ini ditujukan untuk ruang santai bersama atau ruang menjemur pakaian. Sesuaikan saja dengan target pelanggan mana yang jadi fokus utama Anda, apakah mahasiswa, karyawan, atau keluarga kecil. 

Estimasi biaya bangun rumah kost minimalis 2 lantai 

Nah, setelah mengetahui berbagai inpirasi model rumah kost minimalis 2 lantai di atas, untuk memaksimalkan perencanaan pembangunan tentu tak bisa luput dari perhitungan estimasi biayanya. 

Maka dari itu, dalam membangun indekos sebagai investasi properti jangka panjang, Anda perlu menghitung estimasi biaya pembangyunnya terlebih dahulu dengan cermat. Supaya lebih paham, mari kita ambil contoh sederhananya: 

Anda ingin membangun model rumah kost minimalis 2 lantai berisi 10 kamar yang masing-masing kamar berukuran 3 x 3 meter. Anggaplah Anda mendapat lahan 50 meter persegi dengan harga Rp1,5 juta per meter perseginya.

Maka, untuk biaya pertama yaitu biaya pembelian lahan, bisa dihitung dengan cara: 

Luas total tanah x harga tanah = 50 meter persegi x Rp1,5 juta = Rp65 juta. 

Total 10 kamar dengan ukuran 3 x 3 meter, anggaplah untuk membangun satu kamar kost membutuhkan biaya Rp2 juta per meter persegi, maka: 

Total kamar x luas 1 kamar x biaya bangun 1 kamar = 10 x (3 x 3) x Rp2 juta = Rp180 juta. 

Sehingga, total keseluruhan guna membangun rumah kost tersebut adalah Rp65 juta + Rp180 juta, sama dengan Rp245 juta. Tentunya, total tersebut belum termasuk kelengkapan fasilitas lalin seperti perabotan dapur, perbotan kamar, biaya listrik, dan sebagiannya. 

Itu dia 13 inspirasi desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biaya bangunnya yang bisa Anda jadikan sebagia referensi sekaligus bahan pertimbangan sebelum membangunnya. Selain beberapa ide desain di atas, Anda pun dapat mengkreasikannya sesuai kebutuhan masing-masing. Baca juga informasi menarik lainnya seputar properti hanya di Prospeku!

----------------------------

https://prospeku.com/

Rekomendasi Artikel Pilihan